Kamis, 13 Juni 2019

Tutorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge Microsoft Word Dalam Membuat Surat Masal


 6.Tutorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge  Microsoft Word Dalam

Membuat Surat Masal
Langkah-langkah membuat surat masal dengan fasilitas Mail Merge pada Sofware Microsft Office Word :
11.      Bukalah program Microsft Office Word
22.      Buatlah surat masalnya (dokumennya) seperti format undangan, yang akan diisi adalah nama orang dan alamat.
Contohnya:
Kepada Yth
Di
33.      Setelah selesai membuat surat undangannya lalu simpan file nya didalam satu folder.
Contonya:
Membuat folder dengan nama :
Undangan_LA17
44.      Kemudian buka kembali file yang sudah di simpan  di dalam folder tadi
55.      Setelah filenya dibuka, selanjutnya membuat data nama penerima undangan dengan memilih atau mengklik  icon Mailings  pada Toolbarb Formating kemudian pilih icon Select Recipients, setelah itu klik bagian pojok kanan yang ada tanda panah ke bawah.
66.      Setelah di klik pilih icon Type New List, kemudian muncul kotak jendela New Address List, setelah itu pilih icon  Customize Columns pada kotak jendela new  Address List  kemudian hapus semua list yang ada pada Field Names, lalu tambahkan dengan mengklik icon Add pada jendela tersebut dan ketik “nama” lalu klik ok dan ktik “tempat” lalu ktik ok
77.      Kemudian pada kotak jendela New address List hanya ada “nama” dan “ “tempat” saja. Kemudian ketik nama dan tempat (alamat) orang yang  akan di undang
88.      Setelah menuliskan nam adan tempat kemudian simpan  ke dalam folder yang sama seperti file yang sudah disimpan  sebelumnya.
99.      Setelah disimpan, kemudian icon pada Mailings  yang tadinya terkunci sudah pada muncul semua (sudah tidak terkunci lagi).
110.  Setelah menuliskan nama dan tempat lalu letakkan kursor dibawah “ Kepada Yth” kemudian pilih icon  Insert Merge Field  lalu klik pojok kanan bawah pilih  nama dan akan muncul  <<nama>>
Dibawah tulisan “kepada Yth”, setelah itu letakkan kembal kursor dibawah tulisan “Di” kemudian pilih icon Insert Merge Field  lalu klik pojok kanan bawah pilih tempat  dan akan muncul << tempat>> dibawah tulisan “Di”. Setelah selesai kemudian pilih icon Preview Result  lalu <<nama>> dan <<tempat>>  berubah sesuai kita buat nama  dan tempatnya.
111.  Jika ingin mengedit/mengubah nama dan tempat atau juga ingin menambahkanpenerima undangan  (nama dan tempat) lagi, pilih saja icon Edit Recipient List  lalu klik kanan  bawah pada icon tersebut, lalu muncul kotak jendela Mail Merge Recipient, kemudian klik data source yang akan ditambahkan atau cntang data source yang ingin diganti lalu pilih edit. Setelah di edit  lalu klik ok.
112.  Setelah semua langkah-langkah telah elesai lalu pilih icon  Finish & Merge kemudian klik pojok kanan bawah yang ada anda panahnya  kebawah lalu pilih icon Print Dokument, lalu munculmkotak jendela Merge to Printer lalu pilih All  kemudian klik ok lalu pilih  printer Send To OneNote 2007 dan pilih page rangenya yang All lalu klik ok
113.  Kemudan hasilnya bisa dilihat di One Note

Baca juga artikel ini















Tidak ada komentar:

Posting Komentar