6.Tutorial Menggunakan Fasilitas Mail Merge Microsoft Word Dalam
Membuat Surat Masal
Langkah-langkah
membuat surat masal dengan fasilitas Mail Merge pada Sofware Microsft Office
Word :
11.
Bukalah
program Microsft Office Word
22.
Buatlah
surat masalnya (dokumennya) seperti format undangan, yang akan diisi adalah
nama orang dan alamat.
Contohnya:
Kepada Yth
Di
33.
Setelah
selesai membuat surat undangannya lalu simpan file nya didalam satu folder.
Contonya:
Membuat folder dengan nama :
Undangan_LA17
44.
Kemudian
buka kembali file yang sudah di simpan
di dalam folder tadi
55.
Setelah
filenya dibuka, selanjutnya membuat data nama penerima undangan dengan memilih
atau mengklik icon Mailings pada Toolbarb Formating kemudian pilih icon Select
Recipients, setelah itu klik bagian pojok kanan yang ada tanda panah ke
bawah.
66.
Setelah
di klik pilih icon Type New List, kemudian muncul kotak jendela New
Address List, setelah itu pilih icon
Customize Columns pada kotak jendela new Address List kemudian hapus semua list yang ada pada Field
Names, lalu tambahkan dengan mengklik icon Add pada jendela tersebut dan
ketik “nama” lalu klik ok dan ktik “tempat” lalu ktik ok
77.
Kemudian
pada kotak jendela New address List hanya ada “nama” dan “ “tempat” saja.
Kemudian ketik nama dan tempat (alamat) orang yang akan di undang
88.
Setelah
menuliskan nam adan tempat kemudian simpan
ke dalam folder yang sama seperti file yang sudah disimpan sebelumnya.
99.
Setelah
disimpan, kemudian icon pada Mailings
yang tadinya terkunci sudah pada muncul semua (sudah tidak terkunci
lagi).
110. Setelah menuliskan nama dan tempat lalu letakkan kursor dibawah “
Kepada Yth” kemudian pilih icon Insert
Merge Field lalu klik pojok kanan
bawah pilih nama dan akan muncul <<nama>>
Dibawah tulisan “kepada Yth”, setelah itu letakkan kembal kursor
dibawah tulisan “Di” kemudian pilih icon Insert Merge Field lalu klik pojok kanan bawah pilih tempat dan akan muncul << tempat>>
dibawah tulisan “Di”. Setelah selesai kemudian pilih icon Preview Result lalu <<nama>> dan
<<tempat>> berubah sesuai
kita buat nama dan tempatnya.
111. Jika ingin mengedit/mengubah nama dan tempat atau juga ingin
menambahkanpenerima undangan (nama dan
tempat) lagi, pilih saja icon Edit Recipient List lalu klik kanan bawah pada icon tersebut, lalu muncul kotak
jendela Mail Merge Recipient, kemudian klik data source yang akan
ditambahkan atau cntang data source yang ingin diganti lalu pilih edit. Setelah
di edit lalu klik ok.
112. Setelah semua langkah-langkah telah elesai lalu pilih icon Finish & Merge kemudian klik pojok
kanan bawah yang ada anda panahnya kebawah lalu pilih icon Print Dokument, lalu
munculmkotak jendela Merge to Printer lalu pilih All kemudian klik ok lalu pilih printer Send To OneNote 2007 dan pilih page
rangenya yang All lalu klik ok
Tidak ada komentar:
Posting Komentar