44.
Teknik dan Panduan Membuat Daftar Isi Dengan multilevel list
Untuk
membuat daftar isi secara otomatis, pertama-tama kita harus mengetahui apa yang
dimaksud dengan formating pada Microsoft word. Pada laporan ini kita kenal
beberapa atingkatan format, antara lain:
1.
Judul
Utama / BAB >> Judul /atau bagian utama dalam pembagian
laporan. Contoh BAB I,BAB II DAN
SETERUSNYA
2.
Sub
Judul pertama >> Judul dari suatu pembahasan yang berada satu
tingkat dibawah judul utama. Contoh sub judul
pertama pada BAB I,yaitu 1.1 ,1.2 , 1.3 dst. Sub judul pertama pada BAB
II, yaitu 2.1, 2.2 , 2.3 dst.
3.
Sub judul kedua >> judul dari suatu pembahasan yang berada dua
tingkat dibawah judul utama. Contoh sub judul kedua pada BAB 1, yaitu 1.1.1,
1.1.2, 1.2.1, 1.2.2, 1.3.2, dst. Sub judul kedua pada BAB II yaitu 2.1.1,
2.1.2, 2.1.3 dst.
4.
Sub
judul ketiga >> judul dari suatu pembahasan yang brada
tiga tingkat dibawah judul utama. Contoh Sub judul ketiga pada BAB I, yaitu 1.1.1.1, 1.1.1.2,
1.1.1.3 dst. Sub judul pertama pada BAB II yaitu 2.1.1.1, 2.1.1.2,
2.1.1.3 dst.
Contoh struktur pada
laporan adalah sebagai berikut:
BAB
II Landasan teori
2.1
PHP (PHP Hypertext preprocessor)
2.1.1 Sejarah PHP
2.1.2 Syntax dalam pemrograman PHP
2.1.2.2 Syntax dasar
2.1.2.1 Operasi Aritmatika dalam PHP
2.1.2.1 penerapan SESSION pada PHP
2.2
MySQL
2.1.1 Sejarah MySQL
2.1.2 Perintah SQL pada MySQL
2.1.2.1 Syntax Dasar
2.1.2.2 Operasi arimatika dalam Bahasa
SQL
Pada
contoh diatas, terlihat struktur tingkatan format judul yang terdapat dalam
laporan, mulai dari BAB, subjudul 1,sub judul 2 dan seterusnya.
Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menambahkan
format pada judul dan sub judul laporan yang kita buat, yaitu dengan memberikan
format alam bentuk Heading. Bagian BAB kita berikan Heading 1. Bagian sub judul
1 kita berikan format Heading 2. Bagian sub judul 2 kita berikan format Heading
3. Begitu seterusnya untuk sub sub judul berikutnya,kita urutkan berdasarkan
heading dalam Microsoft word.
Untuk membuat daftar isi otomatis ini, laporan juga harus dijadikan
1 mulai dari bagian kata pengantar, BAB
I, BAB II, BAB III, BAB IV
samapai denagan daftar pustaka .Setelah selesai dengan pemberian format heading
, langkah selanjutnya adalah menambahkan nomor halaman pada laporan, yaitu
dengan menggunakan menu insert page number seperti biasa.
Berikutnya,
kita kembali ke awal laporan, tentukan pada halaman ke berapa Daftar isi akan kita tempatkan.
Setelah
selesai dengan langkah tersebut, maka daftar isi dari lporan kita secara
otomatis akan terbentuk seperti gambar
berikut:
Contents
BAB
1 PENDAHULUAN……………………………………………………………1
1.1
Latar
Belakang……………………………………………………………2
1.2
Rumusan
Masalah……………………………………………..………….2
1.3
Batasan
Masalah………………………………………………………….2
1.4
Tujuan………………………………………………………………….…3
1.5
Metode
penulisan…………………………………………...…………….3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar