Kamis, 13 Juni 2019

Teknik dan Panduan Membuat Daftar Isi Dengan Multilevel List


44.      Teknik dan Panduan Membuat Daftar Isi Dengan multilevel list
Untuk membuat daftar isi secara otomatis, pertama-tama kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan formating pada Microsoft word. Pada laporan ini kita kenal beberapa atingkatan format, antara lain:
1.      Judul Utama / BAB >> Judul /atau bagian utama dalam pembagian laporan. Contoh BAB I,BAB II  DAN SETERUSNYA
2.      Sub Judul pertama >> Judul dari suatu pembahasan yang berada satu tingkat dibawah judul utama. Contoh sub judul  pertama pada BAB I,yaitu 1.1 ,1.2 , 1.3 dst. Sub judul pertama pada BAB II, yaitu 2.1, 2.2 , 2.3 dst.
3.       Sub judul kedua >>  judul dari suatu pembahasan yang berada dua tingkat dibawah judul utama. Contoh sub judul kedua pada BAB 1, yaitu 1.1.1, 1.1.2, 1.2.1, 1.2.2, 1.3.2, dst. Sub judul kedua pada BAB II yaitu 2.1.1, 2.1.2, 2.1.3 dst.
4.      Sub judul ketiga >>  judul dari suatu pembahasan yang brada tiga tingkat dibawah judul utama. Contoh Sub judul  ketiga pada BAB I, yaitu 1.1.1.1,  1.1.1.2,  1.1.1.3 dst. Sub judul pertama pada BAB II yaitu 2.1.1.1,  2.1.1.2,  2.1.1.3 dst.
   Contoh struktur pada laporan adalah sebagai berikut:                                      
BAB II Landasan teori
2.1 PHP (PHP Hypertext preprocessor)
   2.1.1 Sejarah PHP
   2.1.2 Syntax dalam pemrograman PHP
      2.1.2.2 Syntax dasar
    2.1.2.1 Operasi Aritmatika dalam PHP
    2.1.2.1 penerapan SESSION pada PHP
2.2 MySQL
   2.1.1 Sejarah MySQL
   2.1.2 Perintah SQL  pada MySQL
      2.1.2.1 Syntax Dasar
      2.1.2.2 Operasi arimatika dalam Bahasa SQL
Pada contoh diatas, terlihat struktur tingkatan format judul yang terdapat dalam laporan, mulai dari BAB, subjudul 1,sub judul 2 dan seterusnya.
Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menambahkan format pada judul dan sub judul laporan yang kita buat, yaitu dengan memberikan format alam bentuk Heading. Bagian BAB kita berikan Heading 1. Bagian sub judul 1 kita berikan format Heading 2. Bagian sub judul 2 kita berikan format Heading 3. Begitu seterusnya untuk sub sub judul berikutnya,kita urutkan berdasarkan heading dalam Microsoft word.
Untuk membuat daftar isi otomatis ini, laporan juga harus dijadikan 1 mulai dari bagian kata pengantar, BAB  I, BAB II,  BAB III, BAB IV samapai denagan daftar pustaka .Setelah selesai dengan pemberian format heading , langkah selanjutnya adalah menambahkan nomor halaman pada laporan, yaitu dengan menggunakan menu insert page number seperti biasa.
Berikutnya, kita kembali ke awal laporan, tentukan pada halaman ke berapa Daftar isi  akan kita tempatkan.
Setelah selesai dengan langkah tersebut, maka daftar isi dari lporan kita secara otomatis  akan terbentuk seperti gambar berikut:
Contents
BAB 1 PENDAHULUAN……………………………………………………………1
1.1  Latar Belakang……………………………………………………………2
1.2  Rumusan Masalah……………………………………………..………….2
1.3  Batasan Masalah………………………………………………………….2
1.4  Tujuan………………………………………………………………….…3
1.5  Metode penulisan…………………………………………...…………….3
1.5.1        Sistematika Penulisan…...………………………………...….3
Baca juga artikel ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar